Monday 5 January 2015

Resensi Buku The History of Java



The History of Java karya Thomas Stamford Raffles adalah sebuah buku yang sangat penting, karena di dalam buku ini bercerita tentang kehidupan berbudaya, agama dan aturan masyarakat jawa di masa lalu. Raffles yang merupakan seorang administratur kelahiran inggris ini sangat terobsesi eksotisme dunia jawa yang penuh dengan keragaman serta keunikan geografis dan budaya.

Buku ini di terbitkan pertama kali pada tahun 1817 dan terdiri dari dua volume. Volume pertama berisi sebuah inti dari buku ini sendiri secara lengkap, dan Volume kedua berisi tentang informasi tambahan dan lampiran. lalu kedua volume tersebut di rangkum menjadi satu buku yang isinya mencakup tentang geografis, informasi mengenai penduduk jawa asli, keadaan pertanian, kepercayaan, keagamaan, bahasa, dan upacara adat masyarakat jawa, serta beberapa hal menarik lainnya.

Raffles yang memiliki latar belakang penulis bekerja sebagai Lieutenant Governor of Java yang bertanggung jawab pada Gubernur Jendral Inggris di India, tapi pada tahun 1814 Gubernur Jendral Inggris meninggal dunia dan pada tahun 1816 Raffles menjadi Gubernur Jendral di Jawa. Ketika jawa kembali ke tangan belanda Raffles sedang menggagas dan mengerjakan proyek botani di
jawa. pada tahun 1823 Raffles menjadi Gubernur di Bengkulu, yang mana ini berdasarkan perjanjian dengan Belanda. dan karena tragedi ini pula Raffles yang telah tetambat di jawa menjadi benci dengan belanda yang kembali berkuasa di jawa.

Buku ini tidak hanya bercerita tentang Jawa tetapi juga semua jejak dan karya Raffles terekam dalam buku yang berjudul The History Of Java ini. Dan juga menjadi referensi komprehensif tanah jawa.


Deskripsi Buku :

Judul Buku : The History Of Java
Tebal : 918 halaman
Ukuran : 19x26 cm
Penulis : Thomas Stamford Raffles
Penerbit : Narasi
Deskripsi : Saya yakin tidak ada orang yang memiliki informasi tentang jawa sebanyak yang saya miliki-(Thomas Stamford Raffles).

Harga : Rp. 200.000,-

No comments:

Post a Comment