Friday 27 February 2015

Review Buku : Sejarah Umat Manusia Karya Arnold Toynbee


Detail Buku :

Judul : Sejarah Umat Manusia  ( Uraian Analistis, Kronologis, Naratif, dan Komparatif.
Pengarang : Arnold Toynbee
Penerbit : Pustaka Pelajar
Tebal : 729 Halaman



Harga Sekitar : Rp. 75.000,-






Buku Sejarah Umat Manusia karangan Arnold Toynbee adalah salah satu buku monumental setelah A Study of History. Buku ini merupakan induk dari karya tulis yang secara komprehensip membahas tentang sejarah perjalanan peradaban umat manusia dari mulai zaman kuno hingga modern beserta situasi yang melingkupinya.

Toynbee, yang lahir pada 14 April 1889 dan meninggal pada 22 Oktober 1975, adalah seorang sejarawan terkemuka asal Inggris. Dia dikenal karena pandangannya bahwa masa lampau lebih sebagai rangkaian peradaban dari pada entitas politik. Dari tahun 1912-1915 Arnold Toynbee mengajar sejarah kuno di Balliol College, dan pada 1919-1924 dia diangkat menjadi Guru Besar Sejarah Yunani dan Byzantium Modern di University of London. Dari tahun 1925-1955 Toynbee menjabat sebagai Direktur Kajian di Royal Institute of International Affairs dan Profesor riset tentang Sejarah Internasional di University of London. Dian mengabdi di Foreign Office Pemerintahan Inggris selama perang Dunia I dan II serta mewakili pemerintahan Inggris dalam berbagai konferensi perdamaian selama perang tersebut.

Arnold Toynbee ini sendiri telah menulis banyak buku, antara lain : A Study of History yang terdiri dari 12 Volume. Karya monumental ini merupakan studi perbandingan terhadap 26 peradaban, yang menganalisa awal mula pertumbuhan dan keruntuhan peradaban - peradaban tersebut. Karya-nya yang lain adalah The Western Question in Greece and Turky (1992), The World and The West (1953), Acquaintances (1967), dan Experiences (1969).

Buku Sejarah Umat Manusia ini merupakan terjemahan karya Toynbee Mankid and Mother Eart : A Narrative History of the World, sebuah buku yang memaparkan secara runtut tentang sejarah manusia dari zaman kuno hingga zaman yang dinamakan dengan "Dominasi Barat".

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete