Tuesday 24 February 2015

Paper Towns "Kota Kertas" Karya John Green

Detail Buku :

Judul : Paper Towns (Kota Kertas)
Karya : John Green
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 360 Halaman
Ukuran : 13.5x20cm

Harga Sekitar : Rp. 64.000,-










Novel Karangan John Green ini menceritakan tentang dua orang sahabat yang bernama Quentin "Q" dan Margo. Quentin atau Q ini sudah menyukai Margo sejak mereka masih kecil dan terus menyimpan perasaannya itu hingga mereka beranjak remaja. Suatu hari Q dan Margo menemukan mayat seorang pria di taman. Margo yang menyukai hal-hal misteri berusaha memecahkan kasus penemuan mayat tersebut. Setelah beberapa waktu berlalu, Q melupakan kasus itu, Tetapi berbeda dengan Margo yang mempunyai pemikiran mendalam tentang hal itu.

Ketika di SMA Margo menjadi gadis yang popular, sedangkan Q menjadi Geek Boy. Suatu malam, Margo mendatangi Q dan mengajaknya melakukan petualangan. Awalnya Q keberatan, tapi dia tidak bisa menolak permintaan Margo. Malam itu mereka melakukan aksi balas dendam untuk Margo yang dikhianati pacarnya, serta untuk Q yang selalu di bully di sekolah oleh seorang bernama Chuck. Q merasa senang karena malam itu membuat dia mendapatkan kesempatan untuk lebih dekat lagi dengan Margo, Gadis yang selama ini dicintainya dari jauh.

Namu sayangnya, ketika esok hari-nya Margo menghilang. Dia pergi meninggalkan rumah, walau sebenarnya ini bukan pertama kalinya yang dilakukan oleh Margo. Orang tuanya pun sudah putus asa dengan kelakuan anaknya ini, sampai mereka merasa beruntung ketika Margo pergi meninggalkan rumah.

Tapi tidak demikian halnya dengan Q. Dia merasa harus bisa menemukan Margo. Berbekal petunjuk yang ditinggalkan oleh Margo, dan dibantu oleh dua orang temanya yaitu Ben dan Radar, Q pu memulai petualangan menemukan Margo.

Di malam ketika mereka berpetualang bersama Margo sempat mengatakan bahwa dia menyukai cowok pemberani seperti Q. Maka dari itu Q merasa bahwa Margo ingin ditemukan olehnya dengan cara meninggalkan jejak untuknya. Ada pertanyaan muncul di benak Q selama dia mencari Margo. Bagaimana jika Margo mati ?, Mengapa memilih pergi sebelum lulus?, dan dari pertanyaan tersebut ada satu hal yang pasti diketahui Q, yaitu semakin dia dekat dengan Margo semakin dia tidak mengenal gadis itu.

Paper Towns bukanlah novel biasa. Petualangan Ben yang kocak serta Radar yang jenius sangat menarik dan benar-benar page turner. setiap karakter yang dibuat oleh John Green dalam novelnya ini memang sangat bagus dan unik. Begitu juga dengan jalur cerita yang sulit untuk di tebak.

No comments:

Post a Comment